you're reading...
ACCURATE, Other

Piutang Karyawan

Bila ada banyak karyawan yang punya pinjaman ke perusahaan, bagaimana pencatatannnya di ACCURATE ?

Pilihan 1

Buat account Piutang Karyawan dengan type Account Receivable , lalu input daftar karyawan di table Customer dari menu List |Customer. Nantinya setiap kali kita buat transaksi dari Journal Voucher, dengan memilih account Piutang Karyawan tersebut maka akan diminta untuk memilih nama karyawan yang dimaksudkan di bagian Subsidiary Ledger-nya.

Dengan cara ini, data Customer dan Karyawan akan menjadi satu, karena itu perlu dibuatkan perbedaan dari Type Customer-nya, sehingga pada saat membuat daftar karyawan di tabel Customer kita bisa membuat pembedaan, dengan demikian kita bisa memfilter antara Customer dan Karyawan pada saat akan melihat reportnya.

Pilihan 2

Buat Account Piutang Karyawan sebanyak karyawan yang meminjam dengan type akun Other Current Asset . Cara ini kurang disukai karena akan membuat daftar account yang panjang dan laporan Balance Sheet-nya pun menjadi panjang. Namun jika memang diperlukan perinciannya dalam laporan keuangan, silakan gunakan cara ini dan input transaksinya melalui Journal Voucer, Other Payment atau Other Deposit.

Pilihan 3

Buat satu Account Piutang Karyawan, setiap kali memberi pinjaman atau terima pembayaran pinjaman dr Karyawan, buat transaksi dari Other Payment, lalu isi Payee dengan nama Karyawan bersangkutan. Nantinya kita bisa lihat history-nya melalui menu Report | Cash/Bank | Other Payment, filter Payee-nya dengan nama Karyawan bersangkutan.

Pada saat terima pembayaran seharusnya menggunakan Other Deposit, namun hal ini membuat kita harus melihat di dua report untuk satu history karyawan. Kalau penerimaan pembayaran dari karyawan diinput pada Other Payments, kita bisa isi dengan tanda minus ( – 100 misalnya).

(Available for v3,v4,v5)

Advertisements

Discussion

Comments are closed.

%d bloggers like this: