you're reading...
Report

Nilai COGS bulan ini terlihat terlalu Kecil atau Terlalu Besar, bagaimana cara pengecekannya?

Tahap 1

Buka Sales by customer Type Detail dari Report | Sales Report | Sales by Customer Type Detail. Disana diinformasikan Nilai penjualan, COGS dan Gross Profit per faktur. Range per tanggal bulan ini.

Cek COGS dan Gross Profit disetiap faktur, apakah nilainya masih wajar semua. Jika ada ditemukan faktur-faktur yang cogs-nya tidak seperti seharusnya, kita cek ke Sales Invoice bersangkutan, item-item yang di jual di faktur tersebut item apa saja. Catat no Faktur dan Item-nya .

Tahap 2

Jika dalam satu faktur ada banyak item , untuk mengetahui item mana yang menjadi penyebab COGS Sales Invoice tsb tidak wajar, buka ke Report | Sales report | Sales by Item Detail. Filter report tersebut untuk Invoice No. yang kita sudah catat sebelumnya. Catat no item yang dilihat COGS nya tidak sesuai.

Tahap 3
Setelah mengetahui item-item mana saja yang perlu di cek, buka ke Report | Inventory | Inventory Valuation Detail, Filter untuk menampilkan item-item yang sudah kita catat tadi, range tanggal per tanggal perkiraan barang2 yang kita jual tersebut masuk(dibeli) s/d pertanggal faktur yang kita sedang cek(tgl jual).

Report Inventory Valuation Detail akan menginformasikan mutasi barang berikut cost-nya . Dengan demikian kita dapat mengetahui, berdasarkan metode persediaan yang kita gunakan FIFO atau AVERAGE, flow cost barang-barang tersebut sehingga dihasilkan cost out pada saat jual sekian.

Catatan :

Bila setelah melakukan pengecekan Tahap 1, semua Sales Invoice COGS-nya kira-kira sudah benar, komponen yang mempengaruhi saldo COGS di laporan keuangan bisa juga dari transaksi diluar dari transaksi penjualan. Untuk mengetahuinya, kita bisa cek dari List – General Ladger – Account History, Uncheck untuk Type Transaksi : Sales Invoice, DO(surat Jalan) dan Sales Return. Range From dan To Date sesuai dengan periode yang sedang akan di cek. Transaksi-transaksi yang muncul(jika ada) adalah transaksi diluar dari transaksi penjualan yang ikut mempengaruhi saldo COGS di laporan keuangan, kita tinggal cek, apakah semua transaksi yang muncul tersebut sudah sesuai.

Advertisements

Discussion

Comments are closed.

%d bloggers like this: