you're reading...
ACCURATE, Setup awal

Mengisi Saldo Awal AR/AP Mata Uang Asing Dengan PPn

Contohnya kita harus mengisi saldo awal Customer A sebesar (DPP)$100 Rate 9200 + (PPn)$10 Rate 9100.

Isi saldo awal DPP pada saat membuat New Customer atau bisa langsung dari List – Customer, klik New jika belum ada customernya, atau edit Customer yang akan diisi saldo awalnya, klik di halaman Terms & etc. isi saldo awal DPP atas Customer tersebut di bagian Opening Balance senilai DPP. Rate yang dipakai untuk saldo awal ditentukan pada saat kita memilih currency atas Customer tersebut.

Saldo awal PPn-nya(Tax)

  1. Buat New Sales Invoice dengan memilih nama Customer dengan mata uang asing tersebut
  2. Set tanggal per tanggal saldo awal dan pastikan Rate Fiscal diisi sebesar 9100(sesuai contoh diatas).
  3. Isi item no dengan Item Number 0 yaitu item Opening Balance, isi Qty 1 dan Unit Price sebesar DPP dan kenakan Kode Pajak,
  4. Dibaris kedua item pilih kembali item no. 0 Opening balance dan isi Qty 1 dengan Unit Price minus sebesar DPP juga, namun tanpa kode pajak. Sehingga tinggal tersisa nilai pajaknya saja yang terhutang.

Untuk Saldo awal AP sama caranya dengan diatas, namun kita buat di List – Vendor dan untuk pajaknya dari Activities | Purchase | Purchase Invoice.

Kasus lain

Jika Rate DPP dan PPn sama, dan saldo terhutang tidak masalah masuk ke akun AR atau AP mata uang asing semuanya, maka, silakan isi saldo awal DPP+PPn langsung di Customer/Vendor bersangkutan dibagian opening Balance-nya.

(Available for v3)

Discussion

Comments are closed.

%d bloggers like this: