you're reading...
Report

Periode Akuntasi Bukan berakhir di Desember

Karena di ACCURATE periode berakhir pasti di Desember dan otomatis dibuatkan Jurnal Penutup(Closing Entry) pada saat kita lintas tahun, jika ternyata perusahaan kita periode akuntansinya berbeda, contoh berakhir di Mei dan start di Juni, yang dapat dilakukan di ACCURATE :

1. Membalik Jurnal Penutup(Closing Entry) yang sudah dibuat ACCURATE

Buat Journal Vocher per tanggal 1 Jan 2009, menjurnal kembali keseluruhan akun Type Revenue&Other Income ke posisi Kredit, Type COGS,Expense&Other Expense ke posisi Debit. Saldo diambil dari Report | Financial Statement | Profit&Loss Year To Date, ambil saldo yang ada di kolom Year To Date, selisih masukkan ke akun Laba Ditahan(Retained Earnings).

2. Membuat Jurnal Penutup

Buat Journal Vocher per tanggal 31 Mei 2009, Mendebetkan semua akun Type Revenue&Other Income dan Mengkreditkan akun type COGS,Expense&Other Expense, selisih masukkan ke akun Laba Ditahan(Retained Earnings). Saldo diambil dari Report | Financial Statement | Profit&Loss Standard(Parameter dari 1 Jan s/d 31 Mei 2008 )

Hal yang perlu diperhatikan dengan membuat Jurnal Penutup seperti diatas  :

  • Setelah kita buat Jurnal Balik untuk Closing Entry yang dibuat ACCURATE, jikaada perubahan saldo account tahun 2008, Jurnal Pembalik dan Jurnal Penutup tersebut tidak terupdate secara otomatis, jadi kita harus update sendiri jurnal penutup tersebut jika ada perubahan transaksi di periode akuntansi sebelumnya.
  • Hal lainnya, waktu kita melihat Profit&Loss Mei 2009, karena sudah tercampur dengan jurnal penutup saldonya jadi tidak seperti seharusnya. Karena itu disarankan kita print out atau save terlebih dahulu laporan Profit&Loss Mei sebelum membuat jurnal diatas.

Discussion

Comments are closed.

%d bloggers like this: