you're reading...
ACCURATE, Sales, Template

DP Penjualan dan Pengalokasiannya ke Faktur

  1. Dari Activities(Aktivitas) | Sales(Penjualan) | SO(Pesanan Penjualan), Input pesanan penjualan seperti biasa dengan memilih Customer dan Item-item yang dipesan berikut harga nya. Kemudian klik button DownPayment diatas.
  2. Akan muncul Form Sales Invoice(Faktur Penjualan) yang sudah ada isi item DP nya dengan Unit Price sebesar Total SO kita. Ganti Unit Price sebesar DP yang akan ditagihkan saja. Kemudian klik button Pay dibawah atau Sales Receipt diatas.
  3. Ditampilan Sales Receipt, isi Cash/Bank dan tanggal sesuai tanggal pelunasan lalu Save&Close. Ditampilan Faktur Penjualan dan SO juga kita Save&Close.

Selesai untuk proses Pencatatan Pesanan Penjualan dengan DP.

4. Untuk tagihan sisa nya, dari Activities | Sales | Sales Invoice, pilih Customer lalu pilih Select SO disamping nama Customer, pilih SO No yang kita buat di langkah 1 diatas, otomatis Item-item dari Pesanan akan muncul di Tab Item, dan DP SO sebagai nilai yang dipotong akan tampil di Tab Use DP. Save&Close

Catatan :

Dengan cara diatas, Invoice tagihan sisa jurnal nya AR sudah dipotong DP, di preview SI secara default tidak menampilkan DownPayment, untuk menampilkan nya:

  1. Dari Designer Template (Setup | Form Template | Sales Invoice, edit template yang dimaksud, lalu klik Designer)
  2. Buat memo baru dengan cara klik Icon “Insert Rectangle Object” yang ada didaftar icon2 diatas, lalu klik di bagian Footer Invoice dimana mau ditampilkan, lalu isi dengan [[Down Payment]*1.1] => jika DP selalu kena pajak.
  3. Dan buat satu Memo lagi, isi dengan [[Invoice Amount]-[[Down Payment]*1.1]] sebagai Total Invoice setelah dikurangi DP.
  4. Masih di Designer, dari File | Data Dictionary, pilih Folder Invoice | Say. Klik sekali di “Say”, lalu ganti bagian Expression dibawah dari SayIt( [Invoice Amount] ) menjadi SayIt([[Invoice Amount]-[[Down Payment]*1.1]])

(Available for Versi 4)

Advertisements

Discussion

Comments are closed.

%d bloggers like this: