you're reading...
ACCURATE, Report

Value Out di Inventory Valuation Detail Mengapa Tidak Sama Dengan Saldo Account COGS

Berikut ini beberapa faktor yang membuat kita tidak bisa menyamakan Value Out di Inventory Valuation Detail dengan Saldo Account COGS :

  1. Cek dari List | Items, Uncheck Option “Do Not Show Zero Qty”, klik button Print List, lalu klik Modify, tampilkan COGS Account. Filter untuk Not Containing No Account COGS yang kita pakai. Jika ada item yang muncul dan item-item tsb ada transaksi nya di range tanggal Report yang kita buka, maka transaksi di modul penjualan item-item tsb salah satu menjadi selisih.
  2. Dari Report | Index to Report | Inventory  Report | Inventory Valuation Detail, Range tanggal sama dengan report Profit&Loss yang dibuka saldo account COGS nya. Lalu di bagian Selected Column & Filter, Filter Source Type/Type Transaksi, untuk tidak mencentang type transaksi SI, DO dan Sales Return. Selain itu Filter untuk Value Out <> 0. Jika ada yang muncul, perlu di cek transaksi tsb, apakah jurnal lawan Inventory nya ada lah COGS Account ? jika ada yang tidak ke COGS maka ini dapat menjadi selisih. Karena perlu diingat keluarnya barang tidak selalu dari transaksi penjualan, bisa dari Adjustment atau JobCosting.
  3. Dari List | Chart of Account, klik kanan di baris akun COGS tsb, pilih History. Kemudian filter tanggal nya sesuai repot Profit&Loss yang sedang dibuka saldo account COGS nya, Type transaksi uncheck untuk option SI, DO dan Sales Return. Apakah ada yang tampil. Jika ada maka transaksi tsb menjadi salah satu penyebab perbedaan saldo di akun COGS dengan report Inventory Valuation Summary. Sekedar Informasi, jika ada transaksi yang muncul dari Purchase Return, hal ini dikarenakan ada perbedaan Cost Out yang harus keluar sesuai urutan cost FIFO/Average yang kita gunakan dengan Harga beli yang diretur. Penjelasan lengkapnya tentang munculnya jurnal ke COGS waktu Purchase Return ada di link berikut : https://solutioncenter.wordpress.com/2010/10/04/show-cost-information/

  4. Di versi4, jika ada DO(Pengiriman Pesanan) yang tanggal nya beda periode, dengan tanggal Faktur atas DO tsb. Misal DO maret, Invoice April. Karena HPP di jurnal per tanggal Invoice, sedang barang keluar dan dicatat di report Inventory Valuation di tanggal DO. Pada bulan Maret yang terjadi di Report Inventory Valuation Value Out sudah keluar dari transaksi DO, sedang secara jurnal masuk ke Good In Transit dan baru masuk ke akun COGS/HPP per bulan April pada saat DO dibuatkan Faktur nya. Jadi di bulan Maret jika mau disamakan dengan Value Out di Report Inventory Valuation = saldo COGS di Profit And Loss + Good in Transit di Neraca Maret.

(Available for  3 & 4)

Discussion

Comments are closed.

%d bloggers like this: