you're reading...
RENE 2, Rene Administration

NOPD (Nomor Objek Pajak Daerah)

Pada RENE versi terbaru memiliki fitur Pajak Online untuk menghasilkan file berformat .txt yang dapat digunakan untuk melaporkan Pajak Daerah dari setiap transaksi kita yang dikenakan Pajak Daerah.

Pajak Daerah tidak lagi dibayarkan kepada KPP (Kantor Pelayanan Pajak) namun kepada UPPD (Unit Pelayanan Pajak Daerah/Pemda terkait). Pada RENE ini ada fitur Pajak Online namun belum bisa terhubung langsung dengan UPPD tsb namun akan menghasilkan satu file berformat .txt  yang di dalamnya terdapat informasi terkait transaksi pada restoran tsb. Jika pada UPPD tadi memiliki program yang dapat merubah file .txt tadi menjadi bentuk file yang memang digunakan untuk pembayaran pajaknya maka bisa diserahkan, kalau tidak ada pun juga bisa diserahkan saja file .txt nya ini.

Semua transaksi yang sudah dikenakan Pajak Utama nya akan tercatat/record ke dalam file .txt ini, berikut panduan terkait fitur NOPD ini :
NOPD1

1. Buka RENE Administrator lalu pilih menu Perusahaan | Preferensi | Pajak,

2. Centang kotak Pajak Utama lalu inputkan Nama, Kode Pajak serta presentase yang digunakan,

3. Aktifkan fitur Pajak dihitung TANPA dikurangi diskon akhir struk | aktifkan fitur Pajak Online,

4. Inputkan NOPD nya misal 123456789,

5. Lokasi file yang akan menjadi tempat disimpannya file .txt misal

C:\Users\CPSSOFT\Desktop

6. Kolom Prefix File inputkan huruf abjad kapital sesuai dengan tipe usaha pada RENE, misal Resto maka inputkan kode R, sehingga file txt yang dihasilkan seperti :

R123456789_20150303000000.txt

7. Pada barang dagangannya agar dikenakan Pajak, buka menu Persediaan | Barang | pilih salah satu item | pilih tab Informasi Tambahan | centang kotak Pajak Utama agar barang tsb dikenakan Pajak.

NOPD2

(Available for RENE 2)

Discussion

Comments are closed.

%d bloggers like this: