you're reading...
Uncategorized

Write off Sales Receipt atau Purchase Payment lebih dari 1 Akun

Dalam Penerimaan Penjualan atau Pelunasan Pembelian kadang-kadang dikenakan biaya kirim baik di tanggung oleh customer atau vendor dan akun pembulatan dari nilai transaksi yang di terima atau yang di bayarkan . Sebagai contoh  Penerimaan Penjualan (Sales Receipt)  dan caranya pun sama jika di  Pembayaran Pembelian (Purchase Payment) :

  • Diketahui bahwa jumlah Piutang PT Global Building dari PT Bangunan Perkasa adalah sebesar 2.500.500 . Dikenai biaya Bank yang di tanggung oleh PT Global Building sebesar 5.000 dan untuk 500 nya di lakukan pembulatan oleh PT Global Building 
  • Kemudian ke  menu Activities | Sales | Sales Receipt | Pilih Nama Customer | Centang Pay | Klik kanan kolom Payment Amount | Klik Discount/Write Off Info

    1.1

  • Discount Amout masukkan 5000 | Discount Account masukkan misalkan akun yang menampung biaya tsb yaitu Biaya Bank | Jika sudah klik tanda + lalu masukkan kembali Discount Amount 500 | Discount Account misalkan akun Biaya lain-lain .1.2
  • Klik Ok | Klik Kakultor sehingga nilainya menjadi 2.495.000 dikarenakan biaya di tanggung oleh penjual | Jika biaya di tanggung oleh pembeli maka masukkan -5.000 di discount write off nya

(Available for v4 & v5 )

Advertisements

Discussion

Comments are closed.

%d bloggers like this: