you're reading...
Uncategorized

Anomali Rate

Jika kita menemukan Rate yang sangat besar atau tidak wajar pada akun Kas/Bank atau AR/AP mata uang asing ketika melakukan Period End, ini biasanya terjadi karena ada transaksi/mutasi yang sangat besar (tidak seperti biasanya), sehingga bisa muncul Rate yang besar dan tidak wajar tsb.

Seperti diketahui bahwa saat melakukan Period End, pada jurnal yang terbentuk akan ada 2 rate yang digunakan, yaitu Rate saat Period End itu sendiri dan Historical Rate.

Untuk Rate yang tidak wajar ini biasa kita namakan dengan Anomali Rate, dan sebetulnya rate tsb adalah Historical Rate, namun karena Rate nya tidak wajar maka kita namakan dengan Anomali Rate.

Darimana Historical Rate tsb didapat? Caranya adalah sebagai berikut :

– Misal Rate yang tidak wajar tsb ada pada saat Period End bulan 31 Desember 2015 di akun Bank USD, caranya mengetahuinya adalah sbb :

1.  Buka report General Ledger Detail, filter untuk akun Bank USD tsb saja, lalu filter tgl nya dari awal pakai misal tahun 2000 s/d 31 Des 2015. Lihat saldo balance sebelum Period End bulan Desember 2015 nya berapa. Misal nilainya adalah “X”

2. Buka Bank Book nya dari menu List | Cash & Bank | Bank Book | Kemudian pilih nama akun Bank USD nya, lalu filter tgl nya dari awal pakai misal tahun 2000 s/d 31 Des 2015. Lihat balance sebelum Period End nya berapa. Misal nilainya adalah “Y”

3. Untuk mendapatkan Historical Rate nya adalah : X/Y

Jadi Anomali Rate ini sebetulnya tidak salah, hanya saja rate tsb muncul karena sempat ada transaksi/mutasi yang sangat besar dan karena perhitungan Historical Rate yang memang sesimple ini sehingga mendapatkan Rate yang terlihat tidak wajar. Nanti untuk setelahnya ketika kita melakukan period end bulan berikutnya, maka rate nya akan kembali normal kembali.

(Available for V4 dan V5)

 

 

Advertisements

Discussion

Comments are closed.

%d bloggers like this: